RSS

Audit Pemasaran

Pengertian Audit Pemasaran

Menurut Shuchman :
Suatu penelaahan yang sistematis, teoritical, dan tidak memihak dari operasi pemasaran total.

Menurut Kotler :
Suatu pengujian yang komprehensif, sistematis, independen dan periodik/berkala dari suatu perusahaan –atau unit usaha- lingkungan pemasaran, tujuan, strategi, dan aktivitas dengan maksud untuk menentukan area masalah dan peluang serta merekomendasikan suatu rencana tindakan untuk memperbaiki kinerja perusahaan.


Manfaat potensial dari audit pemasaran

1. Analisis mengenai lingkungan eksternal dan situasi internal
2. Penilaian kinerja masa lalu dan aktivitas-aktivitas sekarang
3. Identifikasi peluang dan ancaman masa yang akan datang.

Audit pemasaran penting karena ketika hal-hal mulai berjalan tidak mulus dalam suatu perusahaan, seperti penjualan menurun, margin yang menurun, kehilangan pangsa pasar, kepastian produksi yang kurang dimanfaatkan, dsb.


Bentuk audit

1. Audit eksternal
Berhubungan dengan variabel yang tidak dapat dikendalikan,
dimulai dengan suatu pengujian informasi atas ekonomi umum dan
kemudian berpindah pada pandangan atas kesehatan dan pertumbuhan dari
pasar yang dilayani oleh perusahaan.

2. Audit internal
Berkaitan dengan variabel yang dapat dikendalikan yang bertujuan untuk
menilai sumber daya organisasi bagaimana mereka berhubungan dengan
lingkungan dan berhadapan dengan sumber daya dari pesaing.

Menurut Richard M.S. Wilson :
Struktur audit pemasaran terdiri dari 3 langkah diagnostik utama, yang mencakup penelaahan dari :
1. Lingkungan organisasi (peluang dan ancaman)
2. Sistem pemasarannya
3. Aktivitas pemasaran

0 komentar:

Posting Komentar